Kamis, 27 Februari 2020

LILAC, SEPENGGAL CERITA TENTANG PASSION BERMUSIK

Passion bermusik memang cukup menyita perhatian, energi, duit, juga waktu. Menunggu direalisasikan, sepertinya itu yang terjadi. Sekian lama sambalbawang merenung, sampai ketika permenungan tanpa henti tadi lantas seperti ketemu jawaban ketika ajakan "ngeband" disambut dua teman. Akhirnya, jadilah “LILAC”, band berformat duo, dengan personel Paulina dan Arnold.

LILAC dibentuk akhir Desember 2019 lalu. Sebenarnya, mereka sudah bareng naik panggung kala membawakan lagu “Mama”, bertepatan dengan perayaan Hari Ibu 22 Desember 2019, di Son’s Coffee  Balikpapan.  Lagu “Mama” adalah single pertama dari Paulina. Saat itu Arnold membantu mengiringi musik, pakai gitar akustik. Lagu “Mama” yang temponya agak lambat, dibikin lebih cepat.

Sambalbawang semangat mendorong mereka bikin band. Segera meluncur single perdana bertitel “Dewi” 17 Januari lalu yang direkam di studio Algaris. Paulina Jaru yang jadi vokalis, sedangkan Arnold Yansen mengurusi musiknya. Makasih-makasih ya kawan-kawan di Algaris Production Balikpapan yang juga sudah bantuin.

Dan wuzzz.. gerak cepat. Hanya berselang dua hari, Lilac sudah naik pentas, di Disway Café, Borneo Paradiso.  Makasih juga untuk mas Doni, yang sudah ngasih kesempatan perdana.  Lilac dibantu Ary dan Wandi sebagai additional player untuk gitar dan kajon. 

Event selanjutnya, 24 Januari 2020, Lilac mengisi acara BPN Noodle Fest di Plaza Balikpapan. Lilac membuka performance Keisya Indonesian Idol. Kali ini additional player, nambah satu lagi, yakni Faisal, di bass. Di dua event itu, Lilac juga membawakan “Mama” yang diaransemen cepat.  “Mama” versi cepat  akhirnya “diakuisisi” menjadi lagu Lilac.

Lilac kembali merilis lagu baru, bertitel “Saat”, 12 Februari.  Malam harinya, Lilac live music di The Gade Café (kafe pegadaian) Jalan Sudirman. Lagu “Saat” langsung diperdengarkan. Oya makasih juga untuk Genetic, homeband di The Gade Café yang mau berbagi dengan Lilac di panggung.


Selepas dari the Gade, Lilac kembali ke Disway Café 21 Februari. Formatnya tetap plus tiga additional player tadi. Selang 8 hari, atau 29 Februari besok (malam), Lilac akan tampil di Plaza Balikpapan.  Kali ini eventnya bertajuk Andalas Customer Day. 


Pop Progresif dipilih sebagai genre music Lilac.  Meski begitu, Lilac membebaskan masyarakat menilai genre musik Lilac. Paulina dan Arnold menyebut, warna musik Lilac sedikit banyak dipengaruhi sejumlah band atau penyanyi. Antara lain Wong, Potret, Es Nanas, Evo, Minoru, Andra & The Backbone, Kotak, Geisha, Peterpan, hingga Celine Dion. Wuih terasa banget musik era 90an, awal 2000-an, dan medio 2000-an di musik Lilac.

Oyaa hampir kelupaan.  Nama “Lilac” dipilih karena dianggap pas menggambarkan semangat dan “warna” lagu-lagu grup musik ini. Lilac dikenal sebagai salah satu bunga yang indah, harum, juga sarat makna. Antara lain melambangkan kasih sayang, cinta, optimistis, kemurnian, kebijaksanaan, karakter hangat, hingga mengaitkannya dengan mistis—lantaran aroma harumnya.

Lilac adalah bunga yang disukai semua orang yang menyukai bunga. Demikian juga grup musik Lilac muncul untuk menghadirkan musik yang berbeda, namun tetap mudah dinikmati. Oks, gitu dulu, deh, garis besar tentang band Lilac. Disambung ke artikel selanjutnya ya untuk cerita yang belum tertuang di sini. 

But wait, peran sambalbawang di Lilac, sebelah mana tuh. Oh, sambalbawang cukup di urusan nulis lagu ala-ala saja, deh. Sembari jadi “tim hore” Lilac di awal perjalanan mereka.  Urusan musik, biarlah mereka menjalankan sendiri.  Selain juga enggak paham soal musik, juga karena sambalbawang sepertinya enggak akan kembali “kalungan gitar”. Biarlah musik menjadi passion mereka dan ekspresi kegembiraan mereka, untuk diluapkan di Lilac. 

Sambalbawang yang bukan terbilang sebagai musisi, hanya menemani langkah mereka. Menuntaskan passion bermusik yang belum tuntas di masa lalu. Good luck to Lilac. Akan ada banyak tantangan, cerita, peluang, kendala, hal-hal yang unpredictable, dan lain-lain di depan. 

Salam Lilac ! Long live music !
Instagram @lilacofficialbpn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar