Rabu, 28 Agustus 2013

VEGETARIAN ? ENAK, KAH ?

      Sekitar 5 tahun lalu, sambalbawang memulai pola makan vegetarian. Setelah melalui serangkaian "perenungan", bertanya-tanya pada diri sendiri, dan mengunjungi beberapa lokasi "habitat" hewan ternak. Dan, petualangan berat (asyik) pun, sambalbawang jalani, sampai hari ini dengan bersemangat.  Semoga bisa terus berlanjut.
      Beberapa teman bertanya: kamu agama (...) ya, kog memutuskan bervegetarian. Ada juga yang bertanya, "Masih makan, nasi?". Trus ada juga yang menimbrungi "Tapi kalau ikan masih makan, kan?". Yang lain, ada juga yang malah menertawakan. 
      Ada lagi yang coba "menyadarkan" bahwa vegetarian itu bertentangan dengan agama. Ada yang kasian pula, dan dikira bakalan kurang protein. Selain itu, ada juga yang selalu membujuk untuk makan seafood. Tapi, ada juga yang bilang "sip". 
     Membahas soal di atas, akan panjang lebar dan diselingi debat kusir. Jadi, sambalbawang akan membahas itu dari versi sendiri. Bahasan menarik adalah tentang mereka yang masih beranggapan vegetarian itu endaak enyaaak. Masa seeeeh... Beberapa kali (sering, ding).. sambalbawang mendapat pertanyaan itu. Tapi, pertanyaan itu gampang dijawab.   
    Enak, laaah. Mana mau gua vegetarian kalau vegetarian itu enggak enak. Lha, kok bisa? Jadi, begini. Untuk merunutnya, tidak perlu jauh-jauh mencari. Mari kita sederhanakan pertanyaannya. Apa kira-kira yang Anda cari saat makan? 
     Mau menyeruput soto, wajib menuang kecap, sambal, dan ngeceri jeruk nipis, kan? Mau maem lalapan, pasti nyari sambal. Siapa suka tahu tempe, pete, jamur krispi, sate? Semua menu itu, kalau mau jujur, tergantung sama tumbuhaan. Alias bumbu.
       Apakah ada menu yang enggak pakai bawang merah-putih, dan rempah? Kalau pertanyaan dipermudah, apakah kita rada lupa kalau es teh (termasuk teh botol), es jeruk, es kelapa muda, kopi, coklat, es jus,  atawa wedang jahe, itu adalah minuman lezat. Demikian juga kacang mede, kacang tanah, semangka, sampai duren. Semua dari tumbuhan. 
    Nah, jadi sambalbawang malah jadi bingung ketika ada yang masih tidak percaya jika vegetarian itu justru berkaitan dengan menu lezat. Bahkan ada teman yang bertanya begitu sembari minum teh botol, untuk menghilangkan haus di tengah terik matahari. 
     Enak, kan, minuman vegetarian-nya... Hehe.

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA :
MAMMA MIA ! HERE WE GO AGAIN, ABBA AGAIN
LILAC, SEPENGGAL CERITA TENTANG PASSION BERMUSIK 
   
  
    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar