Rabu, 30 Desember 2015

NGGUDEG DULU

       Berawal dari "kegelisahan" mencari gudeg di kota minyak ini, yang sesuai standar lidah, dan sayangnya belum nemu, akhirnya sambalbawang mbikin gudeg sendiri. Bukan gudeg yang komplet, sih, mengingat sambalbawang dan saudara bojo enggak menyantap daging. Suwiran daging, dan krecek, skip..skip..
      Setelah berselancar mencari informasi, akhirnya diputuskan bahwa yang mesti dibeli adalah...panci presto. Cacahan nangka konon lebih cepet empuk jika dikurung di panci jenis itu, sembari disembur api. Satu panci pun diangkut dari toko. 
       Hasil akhir gudeg yang kami bikin itu tidak terlalu mengecewakan, untuk kali pertama membuat masakan tersebut. Akhirnya bisa menikmati gudeg bercita rasa Jogja yang manisnya bikin ketap-ketip. Dan.. tentu saja, gudeg yang diguyur kuah areh, alias kuah santan yang kental.
       Sodara bojo memfoto gudegnya, jadi gini penampakannya.
       

       Rasanya tentu saja belum sempurna. Namun sudah lebih dari lumayan untuk menuntaskan kangen gudeg yang terkunkung lama ini, myehehe.  Akhirnya bikin gudeg pun jadi ketagihan. Repot memakai panci presto, akhirnya pilihan jatuh ke slow cooker.
       Seperti falsafah orang Jawa, alon-alon waton kelakon. Pelan-pelan yang penting terlaksana. Kira-kira begitulah penggambaran dari memasak gudeng menggunakan slow cooker. Memang slow bingit. Nyaris dua hari durasi total memasaknya.
      Karena sambalbawang tidak diperkenankan mencampuri racikan bumbu oleh saudara bojo, maka tugas saya dalam memasak lebih pada abdi dalem angkat-junjung dan iris-iris. Intruksi bojo cuma satu, yakni bikin sambal pedas mampus.
      Tengah malam duduk bersimpuh sembari mengupas brambang-bawang dan seluruh ubarampe-nya itu, sesuatu banget. Meramu sambal bawang yang bikin cacing perut saya nyaris kolaps, juga sesuatu banget. Demikian pula merebus dan mengupas satu demi satu telur. Pekerjaan massal, pokoknya.
      Salah satu sebabnya, karena kami pun menggelar openhouse gudeg dengan mengundang sejumlah kawan. Sekaligus menjajal skil bikin gudeg, yang asyiknya, lumayan mendapat respons positi. Jadi kepikiran, bisa jadi besuk buka warung gudeg. 
      Nah, gara-gara memasak gudeg ini, menu makan kami selama 2-3 hari adalah gudeg dan gudeg. Pokoknya gudeg mulu, gudeg mulu. Tapi "cobaan" itu tetap terasa membahagiakan, karena cita rasa gudeg  makin enak kala disimpan. Namun menginjak hari keempat, gudeg mulai tidak lagi menarik.
      Krupuk ndeso bervetsin tinggi pun tidak lagi mempan menemani. Maka mendoan dan gembus pun digoreng tepung sebagai kawan bersantap. Telur mata sapi pun terkadang ikut dihamparkan di atas nasi gudeg. Begitulah.
     Setelah sekian minggu absen memasak gudeg, biasanya keinginan memasak lagi, muncul. Diawali dari glenak-glenik menatap warung gudeg. Mudah ditebak. Sekian kali membeli gudeg, dorongan untuk memasak gudeg semakin tinggi. Dan, saudara bojo selalu punya tandem memasak gudeg yang militan. Yup, itu adalah saya, sambalbawang.

BACA JUGA ARTIKEL LAIN  :

MUSIC ZAMAN DAHULU VS ZAMAN NOW, MANA YANG BERKUALITAS?
10 BREGADA KERATON YOGYAKARTA YANG KEREN
HOMPIMPA ALAIUM GAMBRENG UNYIL KUCING
MAMMA MIA HERE WE GO AGAIN, ABBA AGAIN      
"MAMA" by PAULINA, PROYEK LAGU PERTAMA         
BANYAK MOTOR SEDIKIT MEREK, SEDIKIT MOBIL BANYAK MEREK       

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar